Selasa, 18 September 2018 17:32 WIB Newswire Semarang Share :

Heli Kamov 4 Jam Padamkan Kebakaran Hutan di Gunung Sumbing

Solopos.com, TEMANGGUNG — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendatangkan helikopter Kamov Ka-32A 11BC untuk memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Sumbing, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

“Dengan pengoperasian heli ini pemadaman bisa efektif karena bisa menjangkau ke lokasi yang sulit untuk pemadaman secara manual, ” kata pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi di Temanggung, Jateng, Senin (17/9/2018).

Ia menuturkan helikopter Kamov ini dalam satu hari hanya dioperasikan selama empat jam. “Hari ini operasional heli dimulai pukul 09.52 WIB dan akan berlangsung hingga sekitar pukul 14.00 WIB,” ujarnya.

Ia mengatakan dalam koordinasi kemarin air untuk memadamkan api di Gunung Sumbing diambil dari Waduk Wadaslintang, namun praktiknya pihaknya belum tahu. “Berapa rit air yang akan diangkut kami tidak tahu, yang jelas heli akan beroperasi selama empat jam. Kalau targetnya kurang lebih delapan rit atau sampai kebakaran padam,” jelasnya.

Ia menyebutkan kebakaran di Gunung Sumbing saat ini terdapat di lima titik, yakni di Petak 27-1, 27-2, 27-1, dan petak 20-1. Dengan beroperasinya helikopter Kamov Ka-32A 11BC, maka sepanjang hari Senin tidak dilakukan pemadaman secara manual sehingga tidak diterjunkan personel karena ikhtiar pemadaman sudah dilakukan dengan heli.

“Setelah dilakukan pemadaman dengan water boombing ini, akan dilakukan penyisiran apakah masih ada kebakaran atau tidak. Penyisiran mungkin dilakukan besok,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Kolom

GAGASAN
Komunikasi Politik Generasi Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (26/3/2018). Esai ini karya Tiyas Nur Haryani, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah tiyasnur@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Peradaban telah banyak berubah. Awalnya kita sering…