Ilustrasi wisuda mahasiswa (mahasiswastan.com) Ilustrasi (mahasiswastan.com)
Kamis, 29 Maret 2018 23:06 WIB JIBI/Solopos/Newswire Internasional Share :

KISAH UNIK
Salut! Perempuan Tertua 88 Tahun Raih Gelar Doktor

Kisah unik datang dari Jepang.

Solopos.com, TOKYO — Kisah unik dari Jepang ini mengenai seorang lanjut usia (lansia) yang berusis 88 tahun. Kiyoko Ozeki berusia 88 tahun, Sabtu (24/3/2018), menjadi perempuan tertua di Jepang yang meraih gelar doktor.

Dikutip dari Suara.com, Ozeki, yang merupakan peneliti tamu di Universitas Ritsumeiken, dianugerahi gelar doktor atas tesis yang diajukannya tentang asal mula dan karakteristik budaya pakaian pada masa Jepang kuno.

Menurut laporan media setempat seperti dikutip Antara, Ozeki sudah berusia 16 tahun ketika Perang Dunia Kedua berakhir. Da tidak punya kesempatan untuk berkuliah.

Setelah bercerai, Ozeki membuat dan menjual boneka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan keahliannya itu, dia mendapat pekerjaan di sekolah kejuruan perempuan pada Universitas Tokai Gakuen.

Ozeki mengajar ekonomi rumah tangga sebagai asisten profesor hingga 1995. Selama mengajar, minat Ozeki pada pakaian Masa Jomon kuno Jepang berkembang. Dia menghabiskan waktu 30 tahun untuk mengunjungi sekitar 165 tempat bersejarah Masa Jomon di seluruh Jepang dan meneliti karakteristik serta sejarah pakaian pada periode itu.

Ozeki menjadi peneliti tamu di Pusat Penelitian Peradaban se-Pasifik pada Universitas Ritsumeiken sejak April 2015. Dia menyerahkan tesisnya pada September 2017. Penelitian Ozeki dinilai pihak kampur memberikan dasar bagi penelitian pakaian pada Masa Jomon.

Kolom

GAGASAN
Komunikasi Politik Generasi Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (26/3/2018). Esai ini karya Tiyas Nur Haryani, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah tiyasnur@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Peradaban telah banyak berubah. Awalnya kita sering…

Terpopuler