Selasa, 9 Juli 2013 18:29 WIB Raket Share :

ASIA JUNIOR CHAMPIONSHIP
Tundukkan Thailand, Indonesia ke Semifinal Hadapi Korsel

KINABALU – Tim bulu tangkis junior Indonesia sukses memastikan langkahnya ke babak semifinal Asia Junior Championship setelah membungkam perlawanan sengit Thailand dengan skor 3-2 di Likas Indoor Stadium, Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Selasa (9/7/2013) pagi waktu setempat.

Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke semifinal dan akan menghadapi tim Korea Selatan, yang sebelumnya menyingkirkan tim junior Taiwan dengan skor 3-2.

Kesuksesan Indonesia mengalahkan Thailand, tak diperkirakan sebelumnya. Thailand lebih diunggulkan karena tampil dengan predikat juara Grup C di babak penyisihan. Sementara, Indonesia lolos ke perempat final dengan status runner up Grup runner up Grup A, seusai kalah bersaing dari tuan rumah Malaysia, Senin (8/7/2013).

“Kami sempat memprediksikan akan kalah karena kekuatan Thailand lebih merata. Hasil ini sesuai dengan strategi kami, jika mau menang harus ambil poin di ganda campuran, ganda putra dan ganda putri” kata manajer tim Indonesia, Chafidz Yusuf, seperti dikutip dari situs resmi PBSI di badmintonindonesia.org, Selasa.

Tiga sektor ganda yang memang menjadi andalan, hari ini menjadi penyelamat Indonesia. Poin kemenangan diraih oleh Pasangan ganda campuran Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin, ganda putra Arya Maulana Aldiartama/Kevin Sanjaya Sukamuljo serta pasangan ganda putri Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa.

Sesuai perkiraan, Thailand yang berhasil mencuri poin di dua nomor tunggal. Fikri Ihsandi Hadmadi dan Hanna Ramadini harus mengakui keunggulan lawan-lawan yang memang lebih dijagokan. Dengan lolos ke semifinal, maka pencapaian ini melebihi hasil tahun lalu dimana Indonesia dihentikan Jepang di perempat final dengan skor 0-3.

Lolos ke semifinal, para pebulutangkis muda Indonesia Selasa sore waktu setempat, langsung bertarung di babak semifinal melawan tim Korea.

“Jika boleh memilih, kami memang maunya berjumpa Korea. Pemain-pemain Korea sering bertanding di Surabaya pada event Walikota Cup, jadi kami sudah mengerti kekuatan mereka. Kalau Taipei unggul di ganda putra dan ganda campuran, dimana dua nomor ini adalah andalan kita” kata Chafidz Yusuf.

Menghadapi Korea, Indonesia tetap pada formasi terkuatnya. Susunan pemain yang diturunkan masih sama dengan dua pertandingan terakhir melawan Malaysia dan Thailand.

Berikut susunan pemain Indonesia vs Korea di babak semifinal Asia Junior Championships 2013 :

Ganda putra

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Arya Maulana Aldiartama vs Park Se Woong/Kim Jung Ho

Tunggal putri

Hanna Ramadini vs Kim Hyo Min

Tunggal putra

Fikri Ihsandi Hadmadi vs Jeon Hyuk Jin

Ganda putri

Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa vs Lee Sun Min/Kim Ji Won

Ganda campuran

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin vs Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung

(JIBI/SOLOPOS/Imam Yuda Saputra/badmintonindonesia.org)

Kolom

GAGASAN
Komunikasi Politik Generasi Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (26/3/2018). Esai ini karya Tiyas Nur Haryani, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah tiyasnur@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Peradaban telah banyak berubah. Awalnya kita sering…

Terpopuler